Sistem penjaminan mutu internal (SPMI) merupakan bagian dari sistem penjaminan mutu perguruan tinggi (SPM Dikti) seperti yang tertulis dalam pasal 53 Undang-Undang Republik Indonesia No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, yang kemudian diatur dalam Permendikbud No 62 Tahun 2016 dan di perbaharui dalam Permendikbudristek  No 53 Tahun 2023.

Sosialisasi SPMI dan dokumen yang menyertainya merupakan hal tak terpisahkan yang harus dipahami oleh penggiat mutu di lingkungan pendidikan tinggi.  Di Universitas Sebelas Maret, kegiatan sosialisasi bertujuan untuk updating informasi terkait SPMI dan dokumennya.

Dokumen-dokumen SPMI merupakan fondasi yang harus diketahui, dipahami dan dijadikan bukti implementasi aktivitas penjaminan mutu perguruan tinggi. Mengingat pentingnya sosialisasi ini, Pusat Pengembangan Sistem Manajemen Mutu (PPSMM)  Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Sebelas Maret, mengadakan refreshing SPMI melalui sosialisasi dokumen-dokumen SPMI UNS.

Kegiatan dilakukan secara hybrid pada hari Rabu, tanggal 30 Agustus 2023 yang diikuti oleh 160-an peserta baik daring maupun luring, yang terdiri dari Ketua UPM, Korbid SPMI, Kaprodi dan GKM Prodi di lingkungan Universitas Sebelas Maret.

Kegiatan dibuka oleh Ketua LPPMP-UNS, Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. dan materi diisi oleh Nasumber Dr. Anjar Sri Ciptorukmi Nugraheni, S.H.,M.Hum., Sekretaris LPPMP-UNS serta dimoderatori oleh Dr. Veronika Ika Budiastuti, dr.,M.Pd., yang merupakan Koordinator Bidang SPMI-UNS.

Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta yang merupakan penggiat mutu di Universitas Sebelas Maret diharapkan mengetahui dan memahami apa-apa saja kekayaan dokumen SPMI UNS serta urgensi dokumen tersebut dalam implementasi sistem penjaminan mutu internal UNS.

Kemudian yang tidak kalah penting adalah ketika menghadapi akreditasi eksternal (baik nasional maupun internasional), UPM, Kaprodi dan GKM dapat menjelaskan kekayaan dokumen SPMI UNS tersebut dan bagaimana implementasinya kepada Asesor Eksternal yang mengevaluasi SPMI UNS yang merupakan salah satu aspek penting dalam penilaian akreditasi.

 

 

Link Video : https://uns.id/RecordSosialisasiSPMIUNS