Visitasi akreditasi Prodi S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Pascasarjana Universitas Sebelas Maret oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) telah dilaksanakan pada hari Jum’at, tanggal 9 Agustus 2019.  Dua Asesor BAN-PT yang ditugaskan adalah Prof. Drs. M. Mukhtasar Syamsuddin, M.Hum., Ph.D. dari Universitas Gadjah Mada dan Prof. Dr. Sapriya, M.Ed. dari Universitas Pendidikan Indonesia.

Asesor BAN-PT secara resmi diterima dan disambut oleh pihak rektorat  di Ruang Sidang I Lantai 2 Gedung Rektorat  Universitas Sebelas Maret dipimpin oleh Direktur Program Pascasarjana Prof. Drs. Sutarno, M.Sc., Ph.D. didampingi oleh Wakil Direktur Bidang Akademik Program Prof. Dr. Agus Kritiyanto, M.Pd. dan Kaprodi S2 PPKn Dr. Triyanto, S.H., M.Hum.

Dalam sambutannya, Prof. Drs. Sutarno, M.Sc., Ph.D memohonkan maaf karena pihak rektorat tidak bisa menyambut secara langsung dikarenakan adanya kegiatan yang bersamaan di UNS. Beliau juga menyampaikan gambaran keberadaan Universitas Sebelas Maret  yang terbagi menjadi 4 wilayah, yaitu di Kentingan, Pabelan, Manahan yang merupakan satu kesatuan di Surakarta serta satu lagi terletak di Kebumen Jawa Tengah. Dikatakan juga tentang pentingnya akreditasi prodi untuk mendukung UNS yang akan memasuki masa transisi selama dua tahun dari Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH). Sebagai PTN-BH disyaratkan 80% prodinya harus terakreditasi A.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Asesor Internal, Drs. Hassan Suryono, S.H., M.H., M.Pd., Ketua dan Sekretaris LPPMP UNS Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. dan Dr. Yudho Taruno Muryanto, S.H., M.Hum., serta Kasubbag Data Informasi Sabtutik Handayani, S.S.

Penyambutan asesor BAN-PT ini merupakan kedua kalinya, karena sebelumnya ditempat yang sama, pihak Rektorat UNS sudah menerima asesor BAN-PT yang akan melakukan asessmen lapangan pada Prodi S1 Fisika Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret. (lppmp/data-informasi/sabtutik.)