Pengembangan Metode Pembelajaran CM & TBP di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tunas Pembangunan
Metode pembelajaran CM dan TBP adalah dua metode pembelajaran yang pelaksanaannya
pada saat ini menjadi Indikator Kinerja kegiatan dalan Indikator Kinerja Utama dari suatu
Program Studi. Metode pembelajaran CM adalah metode pembelajaran pemecahan kasus
(case method) dengan kriteria : (1) mahasiswa berperan sebagai protagonis yang berusaha
untuk memecahkan sebuah kasus; (2) mahasiswa melakukan analisis terhadap kasus untuk
membangun rekomendasi solusi, dibantu dengan diskusi kelompok untuk menguji dan
mengembangkan rancangan solusi; dan (3) kelas berdiskusi secara aktif, dengan mayoritas
dari percakapan dilakukan oleh mahasiswa. Dosen hanya memfasilitasi dengan cara
mengarahkan diskusi, memberikan pertanyaan, dan observasi. Sedangkan metode
pembelajaran TBP adalah metode pembelajaran dengan kriteria : (1) kelas dibagi menjadi
kelompok (.1 mahasiswa) untuk mengerjakan tugas bersama selama jangka waktu yang
lama; (2) kelompok diberikan masalah asli atau pertanyaan kompleks, lalu diberikan ruang
untuk membuat rencana kerja dan model kolaborasi; dan (3) setiap kelompok mempersiapkan
presentasi/ karya akhir yang ditampilkan ke dosen, kelas, atau penonton lainnya yang dapat
memberi umpan balik yang konstruktif.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tunas Pembangunan (FEB UTP) dengan 2
program studi, yaitu program studi manajemen dan program studi akuntansi pada tahun kedua
penilaian IKU program studi, ternyata belum mempersiapkan dengan baik perencana
pelaksanaan metode pembelajaran CM & TBP. Pusat Pengembangan Sistem Pembelajaran,
Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
(PPSP LPPMP UNS) telah mampu mengawal pelaksanaan metode pembelajaran CM & TBP
di UNS. Dengan kedua kondisi di atas maka diusulkan pendampingan Pengembangan
Metode Pembelajaran CM & TBP di PS Akuntansi FEB UTP oleh PPSP LPPMP UNS