Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNS mengadakan kegiatan  “Benchmarking ke Badan Penjaminan Mutu Universitas Airlangga”. Acara ini diikuti oleh Ketua Lembaga, Sekretaris Lembaga dan seluruh Tenaga Kependidikan LPPMP yang dilaksanakan pada :
Hari/ tanggal : Jumat-Sabtu, 3-4 Desember 2021
Tempat        : Universitas Airlangga Surabaya

Notulensi acara:
Pengantar / penerima :   Prof. NURUL BARIZAH S.H., LL.M., Ph.D. Ketua BPM UNAIR
Ucapan terima kasih atas kunjungan dari UNS, penerima kunjungan langsung oleh ketua BPM, prinsipnya tidak akan menolak kunjungan karena tamu merupakan barokah, oleh karena masih dalam masa PPKM sehingga hampir semua tidak masuk, sehingga hanya ketua BPM untuk menerima kunjungan tamu dari luar.
Di BPM tidak memiliki staf yang banyak, namun hanya 4 orang personil staf administrasi termasuk tenaga pembersih.
Yang dimiliki adalah koordinator: Akreditasi Internasional, dan Akreditasi Nasional, Koordinator Audit Mutu masing masing 3 koordinator.
Aturan rector masih PPKM, sehingga masih tidak bisa masuk secara luring.
BPM penjaga mutu universitas, perlu komitmen bersama. Meskipun dosen mesti melakukan 3 dharma PT. untuk mengejar IKU 7,8 sangat dipacu dalam merealisasikannya yang utama dalam akreditasi internasional. Yang tercatat 50 prodi rencana 28 prodi masuk akre

Ketua LPPMP (Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd.)
Ucapan terima kasih atas diijinkannya kunjungan di UNAIR khususnya pada Badan Penjaminan Mutu UNAIR.meskipun sedang dalam pelaksanaan Audit Mutu Internal, permohonan maaf atas mengganggunya aktifitas di UNAIR. Sama sama pelakanaan penjaminan mutu merupakah hal yang sangat penting dan berat sekali karena menjadi ujung tombak penjaminan mutu universitas dan peserta dari UNS dalah tenaga kependidikan untuk menanyakan beberapa hal terkait dengan pelaksanaan adiministrasi.
Maksud dan tujuan LPPMP UNS utamanya silaturahmi dan hal lain dialog, dan bila berkenan untuk bisa menyampaikan kegiatan/ aktifitas pada unit BPM UNAIR.

Pertanyaan:
Sartono :Bagaimana pengelolaan / pengendalian tugas dalam pelaksanaan penjaminan mutu dan pelaksanaan akreditasi dalam pemberjalanannya, dengan staf adm yang begitu sedikit.
Yudho Taruno Muryanto, SH,M.Hum: Di LPPMP UNS meskipun staff banyak namun dalam pelaksanaan tugas tidak hanya pada Penjaminan Mutu saja, tetapi masih ada tambahan tugas lain seperti BKD, LKD. Rencana system RPS berbasi OBE karena mesti kita order ket UPT TIK.
Sarwiji: seberapa jauh system/koordinasi dalam pelaksanaan dengan TIK

Prof. NURUL BARIZAH S.H., LL.M., Ph.D. Ketua BPM UNAIR
Pada dasarnya staf administrasi kurang, namun memang masih belum diberikan, pada masa pandemi merubah tatanan kehidupan, yang mengurangi beban adm karena semua data surat menyurat secara online, WA. Keinginan kedepan untuk menata ritme kerja, terutama manajemen rapat masih perlu perbaikan karena rapat sangat mendadak, sehingga tidak menghasilkan sesuatu yang bagus.
Tenaga administrasi tidak masuk, namun pimpinan masuk semua, namun dilancarkan dengan cara online sehingga bisa berjalan dengan baik, jumlah prodi 178 sehingga hamper setiap hari ada visitasi secara online. Unit IT di BPM memiliki 1 orang programmer dimana ada link dengan di SI Universitas, sehingga bisa membangun system yang baik, karena unit yang lain diajak koordinasi.
Alumni karir, semua data tracer study di BPM.
Sebagai kunci dalam penyediaan data maupun system yang diperlukan di BPM dengan adanya programmer

Sahroni, S.Kom.,M.Pd.: Kendala Pembelajaran onliene

Prof. NURUL BARIZAH S.H., LL.M., Ph.D. Ketua BPM UNAIR:
Semua dosen dalam pembelajaran daring masuk ke system aula (aplikasi) kalau di UNS menggunakan SPADA / OCW
Untuk BPM tidak disampiri tugas lain selain Penjaminan Mutu
Audit Mutu Internal tersistem dibuat oleh BPM

Diah Wasita W: Bagaimana proses pertanggung jawaban keuangan di BPM, apakah dilakukan di BPM atau dilakukan di unit lain termasuk perencanaan BPM dilakukan siapa

Prof. NURUL BARIZAH S.H., LL.M., Ph.D. Ketua BPM UNAIR:
Perencanaan alokasi Akreditasi Nasional dan Internasional dilakjukan di BPM untuk pembayaran fee pendaftaran.

Ngadimin S.Kom, M.Kom: Seperti apa bentuk aplikasi yang terkait dengan pembelajaran daring.

Foto Kegiatan :