Meningkatkan kompetensi dosen pengampu Mata Kuliah Umum merupakan upaya yang sangat mendesak dalam rangka lebih memahami dan menerapkan nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari nilai-nilai Pancasila.

 

Menghadapi fenomena ini, Pusat Pengembangan dan Pengelolaan Mata Kuliah Umum (P3MKU) dibawah naungan Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) telah menyelenggarakan “Workshop Peningkatan Kualitas Kompetensi Dosen Mata Kuliah Umum” pada Rabu, 15 Februari 2017.

20170215_092203

Bertempat di Kusuma Sahid Prince Hotel Solo, target peserta dari workshop ini adalah Dosen-Dosen pengampu Mata Kuliah Umum yang akan mengajar pada semester Genap (Februari – Juli) 2017 ini, yang merupakan Dosen-Dosen dari berbagai bidang MKU dan berasal Fakultas di Lingkungan UNS, diantaranya bidang Agama, Pancasila, Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Ilmu Kealaman Dasar, Ilmu Sosial Budaya Dasar, serta Kewirausahaan yang menjadi salah satu mata kuliah unggulan di UNS.

 

Menghadirkan 2 narasumber dari luar UNS serta 1 narasumber dari dalam UNS. Para narasumber tersebut yakni Prof. Dr. Kaelan, M.S. beliau adalah Guru Besar dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta; kemudia Prof. Dr. Iriyanto Widisuseno, M.Hum. yang merupakan Guru Besar dari Universitas Diponegoro Semarang, serta Drs. Hassan Suryono, S.H., M.H., M.Pd., beliau adalah Kepala Pusat Pengembangan dan Pengelolaan Mata Kuliah Umum LPPMP UNS.

 

Substansi kajian dalam rangka meningkatkan kompetensi pengampu Mata Kuliah Umum seharusnya tidak terlalu jauh dengan materi yang tercantum dalam Surat keputusan Dirjen Dikti nomor 43  tahun 2006, danSurat Keputusan Dirjen Dikti nomor 44 tahun 2006. Dengan materi yang tercantum dalam dua surat keputusan tersebut melalui kegiatan Workshop ini diharapkan dosen  Mata Kuliah Umum akan mempunyai bekal yang cukup untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Disamping itu dosen pengampu Mata Kuliah Umum berlatar belakang dari berbagai disiplin ilmu, antara lain Ilmu Hukum, Sosial, Pendidikan, Filsafat, Ilmu Pengetahuan Alam. Bekal mereka terhadap materi nilai kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila begitu beragam. Agar mereka mempunyai bekal dan padangan yang relatif sama, diperlukan adanya wadah kegiatan yang berupa Workshop. Dengan kegiatan Workshop Peningkatan Kualitas Kompetensi Dosen Mata Kuliah Umum ini diharapkan para pengampu Mata Kuliah Umum mempunyai wawasan dan pedoman yang sama untuk menghadapi adanya ancaman terhadap Ideologi Pancasila.

 

Walaupun diselenggarakan bersamaan dengan Hari Libur Nasional dalam rangka Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2017, workshop ini berjalan dengan lancar dan mencapai hasil yang direncanakan.