LPPMP UNS–Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Webinar “Pelatihan Penulisan Bahan Ajar Berbasis Hasil Penelitian ” dengan narasumber Bambang Trimansyah (Praktisi Institut Penulis Indonesia) dan Dr. Kundharu Saddhono, S.S.,M.Hum. (Universitas Sebelas Maret) dengan Moderator: Dr. Memet Sudaryanto, M.Pd.

Kebutuhan buku ajar berbasis penelitian makin urgen mengingat pendidikan di perguruan tinggi akan berorientasi daring. Pembelajaran daring membutuhkan sumber-sumber yang terbaru dan menunjukkan kemudahan belajar bagi mahasiswa termasuk mempermudah dosen dalam menyampaikan materi. Penyusunan buku ajar berdasarkan silabus yang dikembangkan oleh dosen diharapkan mampu berkolaborasi dengan isu-isu kekinian sebagai bahan ajar terbarukan. Perlu diingat bahwa buku ajar bukan hanya memindahkan hasil riset ke dalam bentuk buku namun harus ada modifikasi yang signifikan baik struktur dan sistematikanya maupun bahasa tulisnya.

LPPMP mengundang Bambang Trimansyah salah satu pelopor yang mendirikan Institut Penulis Indonesia bersama dengan beberapa rekan penulis, beliau mendeklarasikan terbentuknya Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia (Penpro). Bambang Trimansyah juga aktif di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Penulis dan Editor Profesional dan memimpin Alinea Akademi Literasi dan Penerbitan Indonesia.

Tanggal Nama Kegiatan Tempat Narasumber  Materi
6 Agustus 2020 Webinar Pelatihan Penulisan Bahan Ajar Berbasis Hasil Penelitian Zoom Meeting Bambang Trimansyah (Praktisi Institut Penulis Indonesia) Webinar UNS 5 Agustus 2020

Buku E-Tangisan

Dr. Kundharu Saddhono, S.S.,M.Hum. (Universitas Sebelas Maret) STRATEGI PENULISAN BUKU AJAR BERBASIS HASIL PENELITIAN_KD