LPPMP – UNS

Sambutan Ketua Lembaga

Sambutan ketua LPPMP

Assalamu alaikum wr wb

Perkembangan Teknologi Automasi dalam semua aspek kehidupan yang didukung oleh Internet of Thing, Artificial intelligent (AI) telah mempengaruhi proses akademik di Perguruan tinggi. Sebagai sebuah universitas berkelas dunia (world class university), Universitas Sebelas Maret (UNS) senantiasa melakukan peningkatan kualitas akademik secara berkelanjutan. Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) diberi amanah oleh UNS untuk melaksanakan koordinasi, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi kegiatan pembelajaran, pengembangan sistem pembelajaran, dan penjaminan mutu pendidikan.

LPPMP UNS dengan masa bakti 2024-2029 mengangkat visi menjadi lembaga pengembangan dan penjaminan mutu pendidikan bereputasi internasional berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional. Untuk mencapai visi ini, telah disusun strategi:

  1. Mendokumentasikan semua aktivitas pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan capaian – luaran dosen dan/atau mahasiswa pada sistem informasi yang aksesibel
  2. Meningkatkan kualitas standar pendidikan secara terus menerus.
  3. Melakukan pemantauan, evaluasi dan penjaminan mutu pendidikan yang sistemik
  4. Mengawal realisasi tindak lanjut dari hasil evaluasi proses penjaminan mutu pendidikan.
  5. Mengembangkan, mengevaluasi, dan melakukan perbaikan kurikulum dan sistem pembelajaran di UNS bertaraf internasional.
  6. Merealisasikan kelas dan course-course on-line untuk dimanfaatkan masyarakat.
  7. Melakukan inovasi pembelajaran mata kuliah wajib kurikulum (MKWK) yang mendukung ketercapaian keterampilan penting abad 21 bagi mahasiswa UNS.

Sebagai supporting UNS, LPPMP melakukan pengembangan sistem yang berbasiskan digital membantu prodi melaksanakan pembelajaran, dan melakukan penjaminan mutu secara internal dan eksternal.

Semoga UNS menjadi Perguruan tinggi kelas dunia dengan peringkat dibawah 500 dunia pada tahun 2029.

Semoga Allah meridhoi. Aaminn…

Wassalamu alaikum wr wb.

Ketua LPPMP,

Prof. Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si.

Skip to content