Pada hari Rabu sampai dengan Jum’at, tanggal 9,10 dan 11 Februari Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan sosialisasi dan pendampingan lanjutan input RPS di Siakad UNS yang diselenggarakan secara daring melalui zoom cloud meeting. Kegiatan ini setidaknya memiliki 3 tujuan. Pertama, merefresh kembali bagaimana Menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang baik utamanya minimal sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan petunjuk teknis penyusunan RPS sebagaimana ditetapkan oleh LPPMP UNS. Kedua,  mendampingi dosen di lingkungan UNS untuk menginput RPS mata kuliahnya di modul RPS Siakad. Ketiga, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong dosen dapat merencanakan metode pembelajaran yang efektif untuk kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan, yaitu utamanya menggunakan case method dan team based project, serta menggunakan keduanya, minimal 50% sebagai basis evaluasi pada mata kuliah yang diampu.

Peserta kegiatan sosialisasi dan pendampingan input RPS di Siakad ini diikuti oleh seluruh dosen di lingkungan UNS. Oleh karenanya, penyelenggaraan kegiatan sosialisasi di bagi menjadi lima cluster. Pada cluster 1 diikuti oleh dosen dari Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Budaya dan Fakultas Seni Rupa dan Desain pada hari Rabu, 9 Februari 2022 jam 09.00 – 11.00 WIB. Cluster 2 diikuti oleh dosen di Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik pada hari Rabu, 9 Februari 2022 Jam 13.00 – 15.00 WIB. Pada cluster 3 diikuti oleh dosen dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada hari Kamis, 10 Februari 2022 jam 09.00 – 11.00 WIB. Cluster 4 diikuti oleh dosen di Fakultas Kedokteran, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam serta Fakultas Pertanian pada hari Kamis, 10 Februari 2022 Jam 13.00 – 15.00 WIB. Sedangkan cluster terakhir, yaitu cluster 5 dilaksanakan pada hari Jum;at, 11 Februari 2022 dimana pesertanya terdiri atas dosen di Fakultas Keolahragaan, Sekolah Vokasi dan Sekolah Pasca Sarjana UNS.

Narasumber kegiatan sosialisasi dan pendampingan input RPS di siakad ini adalah dari tim pengembang di LPPMP UNS. Adapun materi sosialisasi dan rekaman video kegiatan dapat diakses pada link berikut.