Pada tanggal 13,14 dan 20 Desember 2021 Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNS menyelenggarakan kegiatan “Pelatihan penguatan Kapasitas Outcome Based Education melalui Penerapan Case Method dan Project Based Learning” di Dwangsa Hotel, Sukoharjo Jawa Tengah. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari 27 program studi di UNS yang sedang mengajukan akreditasi akreditasi internasionalpada tahun 2022 dan tim pengembang serta pejaminan mutu di LPPMP.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan pelatihan Penguatan kapasitas OBE melalui penerapan case method dan Project based learning bagi prodi yang mengajukan akreditasi internasional ini adalah:

  1. Meningkatkan pemahaman dan kemampuan dosen-dosen dari prodi yang mengajukan akreditasi internasional dalam penyelenggaran sistem pembelajaran dan penilaian berbasis capaian khususnya penggunaan metode case method dan project based learning.
  2. Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dan evaluasi yang diselenggarakan oleh prodi berkaitan dengan pelaksanaan metode case method dan project based learning.

Kegiatan ini mendatangkan 5 narasumber yaitu:

  1. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P. (Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi tentang “Kebijakan pemerintah Indonesia berkait pendidikan berbasis capaian pembelajaran (OBE) pada pendidikan tinggi”
  2. IM. Syamsul Arifin, M.T (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) tentang “Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi Berorientasi capaian pembelajaran”
  3. Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T. (Pusat Inovasi dan Kajian Akademik Universitas Gadjah Mada) tentang “Review constructive alignment rencana pembelajaran semester (RPS) berbasis OBE dan merancang case method dan team based project dalam RPS”.
  4. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd.. (Universitas Negeri Jakarta) tentang “Penerapan Case Method dan team based project dalam kegiatan pembelajaran”.
  5. Bahrul Hayat, Ph.D. (Ketua Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia) tentang “Penilaian dan evaluasi berbasis case method dan team based project dalam kegiatan pembelajaran”.

Adapun materi paparan narasumber dapat didownload pada link berikut:

Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis OBE-Des-2021 

KPT-OBE-LPPM-UNS (13-12-2021)

Cases-based Team-based Project dan Contoh Cuplikan RPS

UNS Penguatan Kapasitas Outcome Based Education Melalui Pelatihan Case