Bertempat di Ruang Sidang Rektor Gedung Dr. Prakoso Universitas Sebelas Maret, pada hari Kamis, 22 Agustus 2019 berlangsung acara penyambutan dan penerimaan asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk asesmen lapangan Prodi S1 Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS. Acara yang dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Prof.Dr.rer.nat. Sajidan, M.Si. serta Ketua dan Sekretaris Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) yaitu: Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. dan Dr. Yudho Taruno Muryanto, S.H., M.Hum.

Dalam sambutannya, Prof.Dr.Ir. Ahmad Yunus, M.S. mengemukakan bahwa di UNS ada 176 prodi. Terakreditasi A sebanyak 70%  untuk S1, 40% untuk S2, dan  S3 sebesar 20%. Prodi S3 di UNS kebanyakan adalah prodi baru. Sedangkan prodi yang sudah terakreditasi internasional ada 10 prodi. Mengubah status akreditasi suatu prodi adalah tidak mudah, maka peran asesor internal sangat penting. Ada 46 prodi dipersiapkan untuk melakukan percepatan akreditasi.

Dalam perankingan Kemenristek Dikti, UNS masuk Klaster I. UNS menuju PTN-BH, membutuhkan minimal 50% prodi terakreditasi A, baik untuk prodi S1, S2, dan S3. Akan dibentuk tim percepatan akreditasi untuk mengejarnya. Saat ini, posisi UNS masih dalam transisi, untuk itu Pengendalian Mutu di sentral di LPPMP. Pelayanan perpustakaan tersentral di Perpustakaan Pusat UNS.

Pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2019 kemarin UNS menempati urutan ke-2 untuk pendaftar terbesar se-Indonesia. Itu menunjukkan bahwa prodi-prodi di UNS sangat diminati oleh masyarakat.

Dua guru besar yang ditugaskan BAN-PT adalah Prof.Dr. Muslimin Ibrahim, BA., M.Pd. dari Universitas Negeri Surabaya dan Prof.Dr. Zulkifli Dahlan, M.Si., DEA dari Universitas Sriwijaya. Prof.Dr. Muslimin Ibrahim, BA.,M.Pd. mengemukakan bahwa kegiatan ini merupakan lanjutan dari proses hasil asesmen kecukupan yang diputuskan oleh Dewan Eksekutif BAN-PT.

Dalam tanggapannya, Asesor Eksternal dari Universitas Sriwijaya mengemukakan banyak prodi yang tidak lolos dalam tahapan ini, sehingga harus tertunda asesmen lapangannya. Guru besar putra asli Sumbawa ini menegaskan bahwa kedatangan mereka bukan untuk mencari kesalahan tetapi untuk mengklarifikasi antara yang ditulis di borang dengan kenyataan.

Acara ini dihadiri oleh Pejabat di UNS, yaitu Triyadi Joko Purwanto, S.Si (Kepala Bagian Akademik) dan Sabtutik Handayani, S.S. (Kasubbag Data Informasi LPPMP). Sedang dari Dekanat, hadir Dekan FKIP Dr. Mardiyana, M.Si., beserta Wakil Dekan I Prof.Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si, Wakil Dekan II Dr. Dewi Kusuma Wardani, M.Si. dan Wakil Dekan III Dr. Djono, M.Pd. Selain itu hadir pula dari  Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Dr. Muzzazinah, M.Si., Puguh Karyanto, S.Si.,M.Si.,Ph.D. dan Dr. Bowo Sugiharto, S.Pd., M.Pd. Tidak ketinggalan Asesor Internal Prof.Drs. Cari, M.A., M.Sc., Ph.D. dan Prof.Dr. Joko Nurkamto, M.Pd. juga mendampingi jalannya asesmen lapangan ini. (lppmp/data-informasi/sabtuti)