Visitasi akreditasi Prodi S1 Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) telah dilaksanakan pada hari Jum’at, tanggal 9 Agustus 2019.  Dua Asesor BAN-PT yang ditugaskan adalah Dr. Mitrayana, S.Si., M.Si dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Dr. Melania Suweni Muntini, M.T. dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Asesor BAN-PT secara resmi diterima dan disambut oleh pihak rektorat  di Ruang Sidang I Lantai 2 Gedung Rektorat  Universitas Sebelas Maret dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. (Wakil Rektor Bidang Akademik) didampingi oleh Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd serta Dr. Yudho Taruno Muryanto, S.H., M.Hum. (Ketua dan Sekretaris Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan).

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. menyampaikan gambaran keberadaan Universitas Sebelas Maret  yang terbagi menjadi 4 wilayah, yaitu di Kentingan, Pabelan, Manahan yang merupakan satu kesatuan di Surakarta serta satu lagi terletak di Kebumen Jawa Tengah. Dikatakan juga tentang pentingnya akreditasi prodi untuk mendukung UNS yang akan memasuki masa transisi selama dua tahun dari Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH). Sebagai PTN-BH disyaratkan 80% prodinya harus terakreditasi A.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Program Studi S1 Fisika, Dr Agus Supriyanto, S.Si, M.Si didampingi oleh Dekan Fakultas MIPA, Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D.; Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Umum, Dr. Desi Suci Handayani, S.Si., M.Si.; Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan  dan Alumni, Dr. Fahru Nurosyid, S.Si., M.Si. serta Kasubbag Data Informasi LPPMP, Sabtutik Handayani, S.S. (lppmp/data-informasi/sab- tutik).